Catatan Dunia Menulis dan Kreativitas

12 September 2012

I am Number Two

2:23 AM Posted by Dyah Utami 1 comment
Setelah penantian dua bulan, akhirnya pengumuman itu keluar juga. Saya juara nomer dua di Qanita Romance 2012. Perasaan saya campur aduk: senang, lega, sedikit takut.

Senang dan lega karena kerja keras saya menemukan hasilnya. Apa yang saya inginkan dulu, menang di event ini, terkabul juga. Iya, saya memang hanya ingin menjadi nomer dua.

Psikolog mengatakan lebih enak menjadi pemenang medali perunggu daripada meraih medali perak. Ini karena peraih perak merasa sedikit lagi bisa mencapai emas, sementara peraih perunggu sadar diri dan bersyukur menjadi yang ketiga.

Saya tidak begitu.

Saya tidak pernah menang besar sebelumnya. Prestasi saya paling tinggi hanyalah 10 besar dongeng dan misteri Bobo. Entah berapa abad yang lalu. Bagi saya ini adalah lompatan Neil Armstrong di bulan.

Kedua, menjadi second best artinya masih banyak yang harus saya pelajari. Saya dilarang merasa puas. Dan ini sangat saya sadari ketika saya menuliskah naskah tersebut. Selama ini saya hanya menulis cerita remaja. Menulis cerita romantis sama sekali bukan teritori saya. Jadi ini seperti saya sedikit nekad masuk ke dalam terowongan gelap tanpa tahu apakah terowongan itu memiliki ujung atau tidak.

Ketiga, saya sesungguhnya penakut. Mendadak banyak yang follow saya di twitter. Mendadak banyak yang memberi selamat. Semua mata memandang saya. Ini seperti pisau bermata dua bagi saya. Di satu sisi saya senang, di sisi lain ada kekhawatiran tersendiri. Orang bisa memuja Anda di satu hari kemudian berbalik melawan Anda keesokan harinya. Untungnya, sekali lagi, saya hanya si nomer dua.

Jadi begitulah. Karena sudah diberi kepercayaan untuk menang, saya harus menerimanya bukan? Lagipula kemenangan, sebagaimana kekalahan juga merupakan bagian dari pembelajaran hidup.

Dan kembali menulis. Dan kembali berjuang.

Happy Writing, Guys.

 

Reactions:

1 comment:

  1. ini mbak Dee yang multiplynya sup laler ijo bukan circa 2006?
    ah, those good 'ol times. dulu suka baca :D

    selamat ya mbak Dee, semoga jadi berkah dan bikin semangat nulis terus. ayo berjuang di amore! :D

    ReplyDelete