Catatan Dunia Menulis dan Kreativitas

14 March 2013

7 Langkah Membuat Book Trailer Gratis dengan Stupeflix

9:19 PM Posted by Dyah Utami , , , , 15 comments

Ada banyak layanan yang bisa membantu Anda  membuat book trailer. Salah satu alternatifnya adalah animoto.com atau cari saja dengan bantuan mbah google. Jika layanan online bukan pilihan Anda, Anda juga bisa membuat book trailer dengan Windows Movie Maker atau iMovie untuk Mac. Tetapi karena book trailer ini saya buat dengan Stupeflix, maka saya akan membantu Anda membuat book trailer dengan Stupeflix.

Mengapa Stupeflix? Pertama karena Animoto hanya memperbolehkan pembuatan video gratis sepanjang 20 detik. Hal ini sebenarnya cukup untuk membuat book trailer, tetapi jika Anda menginginkan lebih, Anda harus mengeluarkan uang atau cari di tempat lain. Seperti Stupeflix. Kedua, saya menemukan theme dan lagu yang pas di stupeflix. Jadi, begitulah. Saya memilih Stupeflix.

Hanya saja, Stupeflix mengenakan biaya untuk sharing video yang Anda buat. Saya baru menyadari hal menjengkelkan ini setelah book trailer saya selesai. Untuk mengatasinya, gunakan saja software IDM (Internet Download Manager) untuk mengunduh video Anda dan kemudian unggah sendiri video Anda ke You Tube untuk kemudian Anda sharing ke berbagai media sosial.

Jadi, mari kita mulai saja cara membuat book trailer. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara menyusun book trailer ala saya, silahkan mampir dulu di sini.

Tampilan Stupeflix



  1. Masuk ke situs stupeflix.com. Daftar seperti biasa dan kemudian pilihlah tipe video yang sesuai dengan karakter book trailer Anda. Saya memilih gaya ‘tiles’ karena saya ingin terlihat seperti iklan film. Silahkan bereksperimen dengan pilihan yang lain. Kemudian klik ‘make a video’.
  2. Buat judul booktrailer Anda pada ‘Add More’ lalu 'Title Slide'.
  3. Anda sudah menyiapkan foto dan narasi Anda, bukan? Sekarang, upload foto  pada ‘Upload picture and video’. Anda bisa memasukkan beberapa foto sekaligus dan Anda juga bisa menyusun ulang deretan foto Anda. Tinggal seret foto pilihan Anda dengan tetikus.
  4. Tambahkan narasi di setiap foto Anda dengan ‘Add Text’.
  5. Tambahkan suara dan lagu melalui ‘Add Audio’ di sisi kanan atas. Seret lagu pilihan Anda ke bar di atas foto Anda. Jika Anda tidak puas dengan pilihan lagunya, Anda bisa mengunggah lagu Anda sendiri.  
  6. Lihat hasil kreasi Anda melalui ‘Quick Preview’. Book trailer Anda sudah selesai. Jika tidak puas, Anda dapat memulai proses dari awal lagi.
  7. Gunakan Internet Download Manager jika Anda sudah puas  dan Anda ingin menyimpannya.


Tidak sulit, bukan?

Jika Anda sudah berhasil membuat booktrailer dengan Stupeflix atau layanan lainnya, silahkan cantumkan link Anda di bawah ini. Saya akan dengan senang hati menengoknya. :D

Atau Anda memiliki cara lain untuk membuat book trailer? Mari berbagi. 

Reactions:

15 comments:

  1. Anonymous9:07 AM

    gan mw tanya tiap kali unggah lagu kok g bisa?

    ReplyDelete
  2. Untuk gambar, harus yang minimal berapa resolusinya?

    ReplyDelete
  3. @anonymous: saya memakai lagu yang tersedia di situsnya, jadi saya tidak menemui kendala. Mungkin lagunya terlalu panjang?

    @Myalizarin: tidak ada minimal, tetapi cobalah memakai yang resolusinya tidak terlalu rendah agar tidak pecah saat diputar.

    ReplyDelete
  4. thanks infonya, mbak Dee

    ReplyDelete
  5. wah seru juga ni kayaknya

    ReplyDelete
  6. asyieekkkk diajarin

    ReplyDelete
  7. Gan saya belum bisa mengambilnya. Padahal videony sudah jadi, Gan.

    ReplyDelete
  8. gimana cara ngatur textnya ya?

    ReplyDelete
  9. maaf... Ini tulisannya bisa diilangin gak sih?

    ReplyDelete
  10. Book trailer saya :
    -https://www.youtube.com/watch?v=PmFnpRjit9k
    -https://www.youtube.com/watch?v=moTty-8nfZE
    -https://www.youtube.com/watch?v=moTty-8nfZE

    sila kunjungi mbak :) baru belajar saya

    ReplyDelete
  11. Anonymous7:18 AM

    gan, kalo mau ubah font atau besar font di stupeflix emang gak bisa ya? makasih sebelumnya

    ReplyDelete