Catatan Dunia Menulis dan Kreativitas

11 March 2013

5 Langkah Menyiapkan Book Trailer untuk Buku

8:14 PM Posted by Dyah Utami 1 comment


Ini draft saya. Bagusan bunganya, ya?
Apa sih book trailer itu? Anda tahu iklan promosi untuk film? Ya, book trailer adalah semacam movie trailer tetapi untuk buku.
 
Saat ini banyak penulis yang mengikutsertakan book trailer sebagai bagian dari senjata promosi buku mereka. Memang ini bukan suatu keharusan. Tetapi, jika Anda membuat book trailer, Anda bisa membuka peluang untuk merengkuh pembaca baru. Jadi, mengapa tidak?

Seperti apa book trailer itu? Cari saja di you tube dengan kata kunci book trailer dan Anda akan  menemukan banyak contohnya. Ada yang dibuat dengan model animasi, video, slide show dan lain sebagainya.  Atau jika Anda ingin melihat book trailer yang saya buat, lihat pada bagian bawah blog ini.

Sebelum masuk ke dalam teknis pembuatan book trailer (yang akan saya berikan pada postingan berikutnya), mari kita siapkan materi book trailer terlebih dahulu (plus beberapa tips membuat book trailer)



  1. Pertama, bayangkan isi buku Anda. Apa isi buku Anda? Hal apa yang membuat mereka akan tertarik membaca buku Anda? Apa kelebihan buku Anda? Bayangkan juga suasana yang ingin Anda jual kepada pembaca Anda. 
  2. Susunlah materi  yang ingin Anda buat. Book trailer saya terdiri atas tiga bagian: bagian pertama adalah menggelitik rasa ingin tahu penonton, bagian kedua menjelaskan siapa saya dan inti cerita novel saya dan terakhir adalah bagaimana mereka bisa mendapatkan buku tersebut. Silahkan berkreasi sesuai kebutuhan buku Anda. 
  3. Panjang durasi book trailer beragam, namun saya sarankan antara 30 detik-2 menit agar tidak terlalu panjang atau pendek. Untuk itu siapkan sekitar 10-20 foto lengkap dengan narasinya. Semakin panjang durasi yang Anda buat, tentu Anda membutuhkan lebih banyak foto.
  4. Carilah foto yang sesuai dengan suasana yang ingin Anda bangun. Pilihlah foto dengan model landscape agar tampil cantik di book trailer Anda. Jangan lupakan cover buku Anda. Akan jauh lebih baik kalau Anda menggunakan foto milik Anda pribadi sehingga Anda tidak akan repot dengan masalah hak cipta. Tetapi jika Anda tidak punya, carilah foto dengan simbol CC (Creative Commons). Saya mencari foto untuk book trailer ini melalui flickrcc. Jangan lupa cantumkan sumber foto di salah satu slide Anda atau deskripsi you tube (jika nanti telah diunggah) untuk menghormati sang pemilik foto.
  5. Siapkan audio lagu Anda atau gunakan saja yang sudah disediakan di situs pembuat slide show.
Bagaimana cara teknis membuat book trailer? Ikuti postingan berikutnya.

Oh iya, ini book trailer yang saya buat untuk novel saya, Marginalia.

Reactions:

1 comment: