Catatan Dunia Menulis dan Kreativitas

27 June 2010

Indonesia Permai: Sebuah Awal

9:07 PM Posted by Dyah Utami , , , 1 comment
Kira-kira setahun atau dua tahun yang lalu, saya bertemu dengan dua editor dari sebuah penerbit. Kebetulan juga, keduanya adalah sahabat baik saya. Waktu itu kami tengah membicarakan sebuah proyek buku sederhana. Yang diminta dari saya hanyalah membantu menuliskan beberapa cerita yang dengan sedikit riset dapat saya lakukan (meskipun kemudian ternyata tidak semudah yang saya bayangkan).

Dari sela-sela pembicaraan kami, entah bagaimana, kami tiba pada percakapan betapa kurang beragamnya buku anak atau remaja saat ini. Saat ini kami tidak lagi menemukan buku menarik seperti Trio Detektif, Lima Sekawan dan lain-lain. Memang buku-buku lama seperti Lima Sekawan kemudian diterbitkan lagi. Tetapi sepertinya tidak ada generasi baru dalam menulis genre detektif petualangan seperti itu. Apalagi ketika kami membicarakan penulis lokal.

Pada akhirnya kami semua mengambil kesimpulan, kami seharusnya tidak boleh mengeluh. Kami seharusnya melihat ini sebagai kesempatan. Dan karena hanya saya satu-satunya penulis di pertemuan itu, tebak siapa yang kena imbasnya :D

Beberapa hari kemudian, saya terus mengolah ide tentang detektif remaja yang saya inginkan. Saya mencari beberapa ebook gratisan (maaf) dari internet. Saya juga berburu beberapa buku anak di toko buku (see? I don't just rely on the free illegal books ;P). Salah satu teman editor sayajuga mengirimkan dua buku yang ia rasa berkaitan dengan penulisan saya.

Draft buku yang pertama berhasil saya selesaikan pada akhir bulan November dua tahun yang lalu, bertepatan dengan Nanowrimo. Akan tetapi, naskah yang benar-benar punya muka untuk dikirimkan kepada penerbit baru muncul tiga bulan kemudian. Saya juga sudah menyelesaikan draft buku kedua sekitar sebulan yang lalu dan pada saat ini sedang memasuki proses reading di penerbit.

Akan ada banyak yang saya tuliskan di blog ini mengenai karakter atau latar belakang penulisan saya. So, stay tune. :D
Reactions:

1 comment:

  1. Good luck! Kyknya memang akhir-akhir ini gw juga nggak menemukan cerita detektif gitu lagi. Let us know when it's published!

    ReplyDelete