Catatan Dunia Menulis dan Kreativitas

11 March 2012

Ingin Foto ala Instagram tanpa IPhone? Ini Alternatifnya

8:57 PM Posted by Dyah Utami , , 2 comments

Pernah nggak melihat teman Anda hobi mengunggah foto yang terkesan retro atau terkesan buram? Kalau iya, mungkin teman Anda memakai aplikasi IPhone, Instagram. Aplikasi ini memang sedang tren gara-gara Justin Bieber. 

Instagram akhirnya sukses membuat saya penasaran. Bukan karena dipakai Justin Bieber, tetapi karena hasilnya memang membuat foto amatiran dari kamera handphone bisa kelihatan keren. Maka, Instagram menjadi salah satu percobaan saya pertama begitu saya memiliki IPod Touch.
Hasilnya memang tidak mengecewakan.  Ini contohnya:

Cuma sayangnya, karena saya memakai IPod Touch, saya sangat tergantung pada WIFI. Padahal Instagram hanya bisa digunakan dengan jaringan WIFI. Ini berarti lupakan saja acara memotret di luar ruangan—gunung, pantai, pulau terpencil. Berarti, hanya ada dua pilihan, punya sistem WIFI sendiri atau cari alternatif lain selain Instagram.
Setelah berkonsultasi dengan mbah Google, saya mendapatkan dua jenis alternatif, online atau offline. 

Alternatif Online
Untuk alternatif online, ada sejumlah tawaran yang menarik:
Saya paling sering menggunakan picplz.com karena picplz menampilkan semua versi filternya. Dengan cepat kita bisa melihat mana yang paling pas dengan keinginan kita. Hanya kekurangannya, kita tidak bisa mengatur tingkat kecerahan, dan lain-lain. Untuk amatir yang malas repot seperti saya, picplz.com sudah cukup.

Alternatif Offline

Anda tidak terkoneksi internet setiap saat? Kalau begitu, Anda bisa mencoba Adobe Lightroom atau Adobe Photoshop. Saya belum mencoba Adobe Lightroom yang konon punya aplikasi resmi kerjasama dengan Instagram. Tetapi ada banyak penjelasan di internet tentang bagaimana mengubah foto Anda menjadi ala Instagram untuk Photoshop. Namanya Photoshop Action.

Saya bukan ahli Photoshop, tetapi gampangnya Photoshop Action adalah program kecil untuk mengotomatiskan kegiatan Anda di Photoshop. Jadi kalau Anda ingin membuat foto ala Instagram di Photoshop, Anda tinggal cari action-nya di internet, download, klik dan Anda akan menemukan Photoshop Anda sudah memiliki action tambahan (di bagian workspace). Tekan saja segitiga play, maka photoshop akan secara otomatis bekerja mengubah foto Anda. Asyik, kan?

Ini hasil foto yang saya tangkap dengan IPod Touch kemudian saya olah dengan Photoshop Action. Saya memakai  instagram action dari dbox dengan action toaster.
Foto asli diambil dengan IPod Touch

Foto setelah di 'action' oleh Photoshop


Ingin bermain-main dengan foto Anda lebih lanjut? Coba cek link-link berikut ini.




Reactions:

2 comments:

  1. hihihihi....sayang banget mbk,saya g bisa potoshop,dari dulu ngubek2 g berhasil2 akhirnya capek sendiri hehe...
    salam kenal^^

    ReplyDelete