Catatan Dunia Menulis dan Kreativitas

10 February 2011

Buku Buku Yang Mengubah Hidup Saya

7:10 AM Posted by Dyah Utami , , 4 comments
Buku apa yang mengubah kehidupan seekor kucing?
Tadinya saya mau membuat judul buku paling bagus tahun 2010 atau sejenisnya. Tapi kemudian saya menyadari, ngapain juga saya bikin yang kaya' gitu. Orang saya juga nggak ingat kapan pasnya saya membaca buku ini. Iya kalau bener tahun 2010. Kalau nggak? Atau mungkin ntar jadi pertanyaan. Bukankah harusnya buku tersebut terbitan tahun 2010. Nah lho. Lagipula ini sudah tahun 2011. Jadi rata-rata telat juga kan kalau pakai angka 2010?

Jadinya, saya menulis saja sejumlah buku yang paling banyak berperan dalam kehidupan pribadi saya. Ada yang mengubah saya dari segi kesehatan, karir, spiritual sampai juga ke make-up (sorry ya jek. Saya masih perempuan ^o^) Cukup menarik ternyata sebagian besar adalah buku non fiksi dan hanya satu yang fiksi. Berikut ini adalah daftarnya berdasarkan huruf:
  1. Agar Siapa Saja Mau Berdamai Dengan Anda dan Agar Siapa Saja Mau Berubah untuk Anda oleh David J. Lieberman, Ph.D.  Buku ini menyadarkan saya tentang sifat  asli manusia. Bahwa rasa marah lahir dari ketakutan dan bahwa kita bisa mengubah orang jika niat kita tulus untuk kebaikan orang itu sendiri. Yang saya suka adalah buku ini begitu sederhana dan ringkas, langsung menembak ke permasalahan yang kita hadapi.
  2. Making Faces oleh Kevyn Aucoin. Oke, ini memang buku tentang make up. Tetapi sumpah buku ini bagus banget buat perempuan yang mau belajar dandan. Kevyn ngajarin bahwa make up yang bagus itu nggak harus tujuh lapis. Ditambah ilustrasi yang bagus dan peralatan yang simple, ini benar-benar buku yang must have buat semua perempuan.
  3. On Writing oleh Stephen King. Stephen King adalah salah satu penulis favorit saya. Buku ini adalah biografinya, tetapi banyak nasihat kepenulisan yang tertera di dalamnya. Mulai dari pengalamannya ditolak sampai dengan bagaimana menjadi penulis yang baik. Buku yang inspiratif bagi semua penulis.
  4. Pelatihan Shalat Khusyu' oleh Abu Sangkan. Saya adalah seorang muslim dan meskipun sudah sholat bertahun-tahun, rasanya kualitas sholat saya masih begitu-begitu aja. Buku ini mengajak saya untuk lebih memahami makna sholat dan bagaimana sholat bukan sekedar ritual tetapi meditasi yang sangat dalam yang mengkoneksikan antara manusia dan penciptanya.Buku yang bagus untuk memaknai ibadah yang sebenarnya.
  5. Quantum Ikhlas oleh Erbe Sentanu. Anda ingat The Secretnya Rhonda Byrne? Quantum Ikhlas mirip dengan itu. Dengan memakai pendekatan Indonesia, Quantum Ikhlas terasa lebih dekat dan praktis. Saya banyak belajar tentang makna hidup yang sebenarnya dari sini.
  6. Sang Alkemis oleh Paolo Coelho. Sang Alkemis datang ketika saya menghadapi titik kejenuhan dalam karir di perusahaan tempat saya kerja. Bersama karakter utamanya, saya diajak mempertanyakan apa hal yang paling penting dalam hidup saya dan mendorong saya untuk berani meninggalkan apa yang saya miliki untuk mencapai tujuan hidup saya. Saya belum sampai ke piramida, tentu, tetapi keberanian meninggalkan toko kristal saya dapatkan dari Sang Alkemis.
  7. Staying Young oleh Mehmet C. Oz, MD. Mehmet Oz dan situs realage.com banyak mengubah cara pandang saya pada kesehatan saya. Saya jadi lebih memperhatikan makanan dan olahraga. Saya juga mengikuti yoga karena beliau, meski sekarang tak sesering dahulu lagi.
  8. The Miracle of Enzyme oleh Hiromi Sinya. Dr. Sinya membuat saya lebih perhatian pada kesehatan saya. Ia yang membuat saya lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan buah sekarang, meninggalkan susu, mengurangi kopi dan  mengunyah lebih banyak. Tulisannya akan membuka cakrawala Anda tentang kesehatan. Dijamin.
  9. The Whuffie Factor oleh Tara Hunt. Whuffie Factor adalah modal sosial yang Anda butuhkan agar sukses di dunia maya. Menariknya, seperti di dunia nyata, Anda harus banyak beramal, berbagi, dan terlibat agar diakui oleh orang lain. Buku ini mengubah cara pandang saya tentang dunia maya, bahwa dalam banyak hal sebenarnya dunia maya tidak jauh berbeda dengan dunia nyata.
Bagaimana dengan Anda? Apa buku yang mengubah hidup Anda?



Reactions:

4 comments:

  1. Menarik nih list-nya. Yang sama-sama gw pernah baca: On Writing & The Alchemist. Ntar gw bikin juga deh listnya di blog gw :)

    ReplyDelete
  2. Dunia sophie...jadi ngerti dikit cara kerja Tuhan... :D

    ReplyDelete
  3. @astrid: bikin, dong! I'll be happy to read!
    @bukandetikcom: saya jadi ingin baca dunia sophie!

    ReplyDelete